Permasalahan yang muncul pada lembaga pendidikan dayah/pesantren dan solusi yang ditawarkan.

Permasalahan guru yang muncul, di antaranya:
1.      Ketidak-mampuan guru dalam mengajar kitab yang tinggi
Solusinya; Pimpinan harus meningkatkan kemampuan guru dalam mengajar dengan meningkatkan kedisiplinan kurikulum dan pembinaan terhadap guru.
2.      Ketidak-disiplinan guru pada jam belajar

Solusi yang ditawarkan; Pimpinan harus mengambil kebijakan dengan membuat aturan jam belajar yang jelas dan sanksi bagi guru yang menyeleweng.
3.      Semangat guru dalam belajar kadang sering berkurang.
Solusi yang ditawarkan; pimpinan harus melihat faktor apa sehingga bisa memberikan solusi untuk masalah ini.
4.      Ketiadaan gaji guru, sehingga mengakibatkan semangat dan motivasi kurang. Dan guru harus mencari nafkah keluar dayah.
Solusinya; Pimpinan harus mendoktrin guru bahwa mengajar di dayah adalah ibadah, atau dengan mencarikan solusi lain dengan membuat lapangan kerja bagi guru yang berkebutuhan khusus.
5.      Kurangnya memahami manajemen yang bagus
Solusinya; Pimpinan memberikan kursus manajemen dengan mengundang pihak lain yang mengerti tentang manajemen untuk mengadakan pelatihan dan bimbingan manajemen.
6.      Kurang kontrol pada anak didik
Solusi yang ditawarkan; Pimpinan meningkatkan kembali peraturan di dayah untuk tercapai pendidikan yang seharusnya dilakukan.
7.      Adanya sifat emosional guru dalam menghadapi anak didik.
Solusi yang ditawarkan; pembinaan guru dan memberikan pemahaman bahwa yang sedang dilakukan itu adalah amanah agama, orang tua, masyarakat dan lembaga.
8.      Kurang fasilitas juga mengakibatkan kurang semangat guru dalam mengajar.
Solusi yang ditawarkan; Pimpinan harus meningkatkan fasilitas sarana dan prasarana dengan mengajukan permohonan kepada pemerintah, donatur, masyarakat, dan membuka lapangan pendapatan lembaga melalui unit usaha, perkebunan, dan perikananan.
9.      Kurangnya ilmu mendidik pada guru.
Solusi yang ditawarkan; Pimpinan harus banyak membuat pelatihan pengembangan ilmu mendidik pada guru dan bekerjasama dengan lembaga pemerintah dan non-pemerintah untuk hal tersebut.
10.  Sebahagian guru adalah ibu rumah tangga
Solusi yang ditawarkan; pimpinan harus mengurangi keterlibatan ibu rumah tangga dalam pendidikan, atau pimpinan mencari solusi lain dengan memberikan pekerjaan yang sesuai dengan profesi ibu rumah tangga.
11.  Tidak ada sertifikasi pada guru dayah
Solusi yang ditawarkan; pimpinan harus bekerja keras untuk ini dengan menghidupkan aset dayah agar berkembang dan menghasilkan usaha agar bisa memberikan gaji yang layak untuk ini.
12.  Prinsip mengajar pada dayah itu ada pada keikhlasan guru.
Solusi yang ditawarkan; Pimpinan harus menjadikan keikhlasan itu sebagai kekuatan dayah, bukan menjadikannya sebagai kelemahan dayah.
13.  Tidak ada rumah guru
Solusi yang ditawarkan; pimpinan harus mencari dan bekerjasama dengan pemerintah untuk rumah guru melalui program pemerintah “ Rumah Dhuafa” dan “Rumah Murah” baik lewat Menteri Perumahan atau Pemerintah Daerah.
14.  Minim ilmu manajeral pada pengurus dayah
Solusi yang ditawarkan; Pimpinan harus mengadakan pelatihan tentang ini.
15.  Pimpinan dayah tidak aktif.
Solusi yang ditawarkan; pimpinan harus mengaktifkan manajeral, lembaga penjaminan mutu dan CEO untuk kelancaran dayahnya.



Popular posts from this blog

Contoh Terjemah Akte Kelahiran dalam bahasa arab

Contoh Surat Keterangan Aktif belajar dalam Bahasa Arab

من أخطأ الطريق ضل، ولا ينال المقصود؛ قلّ أو جل