Penyelenggaraan Pendidikan GRATIS pada pendidikan Islam masa Lampau

Dalam Islam pendidikan itu diselenggarakan secara gratis, makan gratis, menginap gratis di lembaga pendidikan. Inilah demokrasi dan kebebasan yang paling menonjol dalam Islam. Ruh demokrasi Islam dalam menyebarkan pendidikan tidak pernah kita dapatkan di negara manapun, bahkan di negara-negara benua Eropa dan Amerika yang paling maju sekalipun.

Dalam pendidikan Islam, orang miskin tidak butuh kepada mendapatkan beasiswa untuk sekolah dan melanjutkan pendidikan ke jenjang paling tinggi, ataupu bekerja sepanjang musim untuk melunasi iuran kuliah dan pendidikan. Di masa pemerintahan Islam dulu, orang miskin tidak dipaksakan harus memasuki pendidikan khusus karena ketiadaan biaya sekolah, akan tetapi orang miskin punya kesempatan yang sama seperti orang kaya untuk belajar dimanapun yang diinginkan, dengan tidak ada perbedaan dalam belajar, penginapan, asrama, makanan asrama, bantuan keuangan pendidikan dan bahkan pelayanan perpustakaan.

Anak-anak miskin dalam dunia islam, tidak dituntut untuk belajar hanya sebatas tingkatan SD, SMP, SMA. Akan tetapi mereka diberikan kesempatan yang sama dalam menempuh pendidikan tinggi yang setara dengan orang lain, begitu juga orang perempuan dan janda-janda.

Popular posts from this blog

Contoh Terjemah Akte Kelahiran dalam bahasa arab

Contoh Surat Keterangan Aktif belajar dalam Bahasa Arab

من أخطأ الطريق ضل، ولا ينال المقصود؛ قلّ أو جل