Membantu Hafalan, mencampur antara dasar teori dan kemudahan dalam praktek.


Mengulang yaitu untuk membantu pengetahuan dan penguatan terhadap perkara yang penting, kalau tidak maka murid akan lupa apa yang telah dia belajar.

Dari Abi Musa Asy’ari Radhiyallahu ‘anhu bahwa sungguh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam berkata: ““Jagalah hafalan Al-Quran kalian, demi Dzat yang jiwaku ada ditangan-Nya, sungguh ia (hafalan Al-Quran) lebih cepat terlepas dari hati laki – laki dari pada terlepasnya onta dari ikatannya”
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu berkata: “ Jibril membentangkan Alqur’an kepada Nabi Muhammad Shallalluhu ‘Alaihi wassalam setiap tahun sekali, dan dua kali jibril membentangkan Alqur’an pada tahun Nabi wafat”. H.R. Bukhari.

Sebagaiman seorang murid akan sampai ke puncaknya ketika ia menerapkan apa yang telah dia pelajari kedalam bentuk amalan, firman Allah Ta’ala dalam surat an – nisa: 66: 
{وَلَوْ أَنَّهُمْ فَعَلُوا مَا يُوعَظُونَ بِهِ لَكَانَ خَيْرًا لَهُمْ وَأَشَدَّ تَثْبِيتًا} [النساء: 66]

Dan sekiranya mereka benar-benar melaksanakan perintah yang diberikan, tentu hal itu lebih baik bagi mereka dan lebih menguatkan (iman mereka). Firman Allah Ta’ala: “Hai orang-orang yang beriman, mengapa kamu mengatakan, apa yang tidak kamu perbuat? - Amat besar kebencian di sisi Allah, bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tiada kamu kerjakan [ Shaf: 2-3].

Popular posts from this blog

Contoh Terjemah Akte Kelahiran dalam bahasa arab

Contoh Surat Keterangan Aktif belajar dalam Bahasa Arab

من أخطأ الطريق ضل، ولا ينال المقصود؛ قلّ أو جل