SIlabus Ulumul Qur'an
Ulumul Quran
1.
SEJARAH TURUN
DAN PEMELIHARAAN ALQURAN.
A.
SEJARAH TURUN
ALQURAN.
B.
TURUNNYA
ALQURAN DALAM TUJUH HURUF.
C.
PEMELIHARAAN
ALQURAN PADA MASA NABI.
D.
PEMELIHARAAN
ALQURAN PADA MASA KHULAFA’ AR-RASYIDIN.
2.
ASBAB AL-NUZUL.
A. PENGERTIAN ASBAB AL-NUZUL.
B. SUMBER DAN CARA MENGETAHUI ASBAB AL-NUZUL’.
C. METODE PENELITIAN DAN PENTARJIHAN ASBAB AL-NUZUL.
D. KEUDUDKAN ASBAB AL-NUZUL DALAM PEMAHAMAN ALQURAN.
3.
MAKKI DAN
MADANI.
A. PENGERTIAN MAKKI DAN MADANI.
B. KLASIFIKASI AYAT DAN SURAT ALQURAN.
C. CIRI-CIRI KHAS MAKKI DAN MADANI.
D. CARA MENGETAHUI MAKKI DAN MADANI SERTA FAEDAHNYA.
4.
MUNASABAH.
A. PENGERTIAN MUNASABAH.
B. MACAM-MACAM MUNASABAH.
C. METODE PENELITIAN MUNASABAH.
D. PERANAN MUNASABAH DALAM PENAFSIRAN ALQURAN.
5.
I’JAZ ALQURAN.
A. PENGERTIAN MUKJIZAT.
B. SYARAT-SYARAT MUKJIZAT.
C. TUJUAN DAN PERANAN MUKJIZAT.
D. PEMBAHAGIAN MUKJIZAT.
E. MUKJIZAT BI AL-SHARFAH.
F. SISI KEMUKJIZATAN ALQURAN.
6.
AL-NASKH FI
ALQURAN.
A. PENGERTIAN AL-NASKH.
B. MACAM-MACAM AL-NASKH (DARI SEGI KEJELASAN KECAKUPANNYA).
C. PEMBAI SEGI BAGIAN AL-NASKH (DARI SEGI BACAAN DAN HUKUMNYA).
D. PEMBAGIAN AL-NASKH (DARI SEGI NASH YANG DINASAKH DAN YANG
MENASAKH).
E. PENDAPAT ULAMA TENTANG NASKH.
F. PERBEDAAN ANTARA AL-NASKH DAN AL-TAKHSHISH.
7.
AL-TAFSIR BI
AL-MA’TSUR ( TAFSIR AL-THABARI DAN TAFSIR IBNU KATSIR).
A. PENGERTIAN TAFSIR BI AL-MA’TSUR.
B. BENTUK-BENTUK TAFSIR BI AL-MA’TSUR.
C. SUMBER-SUMBER TAFSIR BI AL-MA’TSUR DAN URUTAN PENGGUNAANNYA.
D. PROFIL TAFSIR AL-THABARI DAN TAFSIR IBNU KATSIR SEBAGAI
REPRESENTASI DARI TAFSIR BI AL-MA’TSUR.
8.
ISRA’ILIYAT.
A. PENGERTIAN ISRA’ILIYAT.
B. FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB MASUKNYA ISRA’ILIYAT DI DALAM TAFSIR.
C. TOKOH-TOKOH ISRA’ILIYAT DAN PENILAIAN ULAMA TERHADAP TOKOH-TOKOH
TERSEBUT.
D. SIKAP KAUM MUSLIMIN TERHADAP BERITA-BERITA YANG DISAMPAIKAN
TOKOH-TOKOH ISRA’ILIYAT.
E. PERKEMBANGAN ISRA’ILIYAT DI MASA SAHABAT DAN TABI’IN.
9.
QISHASH
ALQURAN.
A. PENGERTIAN DAN KANDUNGAN QISHASH DALAM ALQURAN..
B. MACAM-MACAM QISHASH.
C. PERULANGAN QISHASH DAN HIKMAHNYA.
D. TUJUAN DAN FAEDAH QISHASH.
E. METODE (MANHAJ) QISHASH DALAM ALQURAN.
10. AQSAM ALQURAN.
A. PENGERTIAN AL-QASAM DAN BENTUKNYA DALAM ALQURAN.
B. AL-MUQSAM BIH DALAM ALQURAN.
C. AL-MUQSAM ‘ALAIH DALAM ALQURAN.
D. MACAM-MACAM AL-QASAM DALAM ALQURAN.
E. FAEDAH AL-QASAM DALAM ALQURAN.
11. SEBAB-SEBAB POKOK KEKELIRUAN MENAFSIRKAN ALQURAN.
A. SYARAT-SYARAT MUFASSIR.
B. SEBAB-SEBAB POKOK KEKELIRUAN MENAFSIRKAN ALQURAN.
1) DITINJAU DARI SEGI MUFASSIR (PELAKUNYA).
2) DITINJAU DARI SEGI MATERI (SASARANNYA).
3) DITINJAU DARI SEGI PRODUK (KARYANYA).
12. QAWA’ID AL-TAFSIR.
A. KAIDAH-KAIDAH BAHASA.
B. KAIDAH-KAIDAH YANG DITEMUKAN DALAM PEMBAHASAN ALQURAN ITU SENDIRI.
C. KAIDAH-KAIDAH DARI ILMU LAIN.
13. AL-TAFSIR AL-TAHLILI (TAFSIR AL-ZAMAKHSYARI DAN TAFSIR AL-RAZI)
A. PENGERTIAN TAFSIR TAHLILI.
B. CIRI-CIRI TAFSIR TAHLILI.
C. TAFSIR AL-ZAMAKHSYARI DAN TAFSIR AL-RAZI SEBAGAI REPRESENTASI DARI
TAFSIR TAHLILI.
14. AL-TAFSIR AL-ADABI AL-IJTIMA’I (TAFSIR AL-MANAR).
A. PENGERTIAN TAFSIR AL-ADABI AL-IJTIMA’I.
B. CIRI-CIRI TAFSIR AL-ADABI AL-IJTIMA’I.
C. TAFSIR AL-MANAR SERTA PEMIKIRAN ABDUH DAN RASYID RIDHA.
15. AL-TAFSIR MAWDHU’I.
A. PENGERTIAN TAFSIR MAWDHU’I.
B. LANGKAH-LANGKAH METODE AL-MAWDHU’I.
C. KEISTIMEWAAN TAFSIR MAWDHU’I.
D. PERBEDAAN METODE MAWDHU’I DENGAN METODE LAIN.
1) PERBEDAAN DENGAN METODE TAHLILI.
2) PERBEDAAN DENGAN METODE MUQARIN.
16. AL-TAFSIR AL-MUQARIN.
A. PENGERTIAN TAFSIR MUQARIN.
B. TUJUAN, FAEDAH DAN HIKMAH MEMPELAJARI TAFSIR MUQARIN.
C. RUANG LINGKUP DAN OBJEK UTAMA DARI PEMBAHASAN TAFSIR MUQARIN.
17. TAFSIR AL-SHUFIYAH.
A. TAFSIR AL-SHUFI AL-NADLARI DAN PENDAPAT ULAMA TERHADAP TAFSIR
TERSEBUT.
B. AL-TAFSIR AL-SHUFI AL-FAIDHI ( AL-TAFSIR AL-ISYARI).
C. PENGERTIAN TAFSIR AL-ISYARI.
D. PERBEDAAN TAFSIR ISYARI DENGAN AL-TAFSIR AL-SHUFI AL-NADLARI.
E. PENDAPAT ULAMA TERHADAP TAFSIR ISYARI.
18. AMTSAL ALQURAN.
A. PENGERTIAN AMTSAL.
B. JENIS-JENIS AMTSAL DALAM ALQURAN.
C. FAEDAH AMTSAL.
19. MUHKAM DAN MUTASYABIH.
A. PENGERTIAN MUHKAM DAN MUTASYABIH.
B. SEBAB-SEBAB ADANYA AYAT MUTASYABIHAT DAN MACAM-MACAM AYAT
MUTASYABIHAT.
C. PENDAPAT ULAMA MENGENAI AYAT MUHKAMAT DAN MUTASYABIHAT.