Pengertian Asesmen Teknik Non Tes
Asesmen
secara sederhana dapat diartikan sebagai proses pengukuran. Teknik evaluasi disebut juga instrumen atau alat
pengumpul data.[1] Non tes adalah cara penilaian hasil belajar peserta
didik yang dilakukan tanpa menguji peserta didik dengan tes tetapi diantara dengan
melakukan pengamatan secara sistematis.[2]
Teknik evaluasi non tes berarti melaksanakan penilaian dengan tidak mengunakan
tes. Teknik penilaian ini umumnya untuk menilai kepribadian anak secara
menyeluruh meliputi sikap, tingkah laku, sifat, sikap sosial dan lain-lain.
Yang berhubungan dengan kegiatan belajar dalam pendidikan, baik secara individu
maupun secara kelompok. Instrument untuk
memperoleh hasil belajar non-tes terutama dilakukan untuk mengukur hasil
belajar yang berkenaan dengan
soft skill, terutama yang berhubungan dengan apa yang dapat dibuat atau
dikerjakan oleh peserta didik dari apa yang diketahui atau dipahaminya. Dengan kata lain, instrument ini berhubungan dengan
penampilan yang dapat diamati dari pada pengetahuan dan proses mental lainnya
yang tidak dapat diamati dengan panca indra.[3]
[1] Djuju
Sujana, Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah; untuk Pendidikan Non
Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, (Bandung: Remaja Rosdakarya,
2006), hal. 173
[3] Eko Putra
Widoyoko, Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik
dan Calon Didik, (Yogyakarta: Pustaka Belajar: 2009), hal.
104