Pengertian Asesmen Teknik Non Tes

Asesmen secara sederhana dapat diartikan sebagai proses pengukuran. Teknik evaluasi disebut juga instrumen atau alat pengumpul data.[1] Non tes adalah cara penilaian hasil belajar peserta didik yang dilakukan tanpa menguji peserta didik dengan tes tetapi diantara dengan melakukan pengamatan secara sistematis.[2] Teknik evaluasi non tes berarti melaksanakan penilaian dengan tidak mengunakan tes. Teknik penilaian ini umumnya untuk menilai kepribadian anak secara menyeluruh meliputi sikap, tingkah laku, sifat, sikap sosial dan lain-lain. Yang berhubungan dengan kegiatan belajar dalam pendidikan, baik secara individu maupun secara kelompok. Instrument untuk memperoleh hasil belajar non-tes terutama dilakukan untuk mengukur hasil belajar yang berkenaan dengan soft skill, terutama yang berhubungan dengan apa yang dapat dibuat atau dikerjakan oleh peserta didik dari apa yang diketahui atau dipahaminya. Dengan kata lain, instrument ini berhubungan dengan penampilan yang dapat diamati dari pada pengetahuan dan proses mental lainnya yang tidak dapat diamati dengan panca indra.[3]




[1] Djuju Sujana, Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah; untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006), hal. 173
[2] Anas Sudijono, Pengantar Evaluasi…, hal. 67
[3] Eko Putra Widoyoko, Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Didik, (Yogyakarta: Pustaka Belajar: 2009), hal. 104

Popular posts from this blog

Contoh Terjemah Akte Kelahiran dalam bahasa arab

Contoh Surat Keterangan Aktif belajar dalam Bahasa Arab

من أخطأ الطريق ضل، ولا ينال المقصود؛ قلّ أو جل