Potret Dayah; Kebersamaan dalam Kehidupan Dayah

Salam alaikum

Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga sangat masyhur dengan keunikan pendidikannya, dan Muatan Kamar atau asrama bagi santri telah melebihi kapasitas, bahkan aada yang tidur dimesjid atau di Bale(read;Balai), ini menunjukkan tekad dan semangat dakwah yang terkandung didalam generasi kita sekarang.

Bahkan bagian penerimaan santri baru telah menjelaskan kepada orang tua murid bahwa asrama sudah sesak dan penuh, tp para orang tua tidak peduli terhadap itu, sehingga pihak
sekretariat terpaksa menerimanya...

Mungkin ini menjadi bahan pertimbangan dan masukan bagi donatur yang ingin menyumbangkan sedikit kelebihan rezeki.

Kemudian gambar disamping adalah pemandangan setiap pagi, siang, sore dan malam dibale tersebut dalam mencicipi makanan, dan bale terssebut merupakan saksi sebuah komitmen yang tinggi yang dimiliki oleh santri dan generasi islam kita.

Bale tersebut selain dipergunakan untuk tempat makan, juga silaturrahmi antar santri sambil makan bersama dan menciptakan kekompakan antar sesama, baik antar suku, dan ras yang dikarenakan latang belakang santri dayah MUDI mesjid raya samalanga merupakan dayah paling banyak memiliki santri diaceh untuk saat ini, melebihi 3000an.

Tapi uniknya yang dimiliki dayah ini adalah tidak mengambil SPP atau dana pendidikan perbulan, alias pendidikan gratis, hanya pengutipan listrik dan kesehatan sebesar Rp.20.000/bulan. Bahkan dewan guru yang berjumlah lebih kurang 500san tidak diberikan gaji perbulan maupun pertahun.

Semoga dayah tetap jaya dan Visi misinya berjalan terus sesuai harapan semua pihak.

Salam Blogger!
Aliran dalam amalan pendidikan menjelang abad ke-21

Pengajaran dan pembelajaran geografi: Beberapa aspek penting dalam perguruan geografi di Malaysia (Siri pendidikan sains sosial)

Tags:
Donate
Blogger
pendidikan
Islam
visi
misi
mision
life
comitmen

Popular posts from this blog

Contoh Terjemah Akte Kelahiran dalam bahasa arab

Contoh Surat Keterangan Aktif belajar dalam Bahasa Arab

من أخطأ الطريق ضل، ولا ينال المقصود؛ قلّ أو جل