Dayah Manyang/Ma'had 'Ali MUDI Mesjid Raya Samalanga

DayahMUDI Mesjid Raya sekarang ini adalah merupakan Dayah yang terbesar di Aceh.Pada saat ini Dayah ini memiliki santri sebanyak 4.000 orang dengan rincian 2.500 orang santri lelaki dan 1.500 orang santri perempuan. Jumlahsantri sebanyak itu diasuh oleh lebih kurang 400 orang guru. Selain itu dayahini juga memiliki sekitar 400 buah cabang yang tersebar di seluruh Aceh danjuga di luar Aceh. Jumlah alumni secara keseluruhan telah mencapai 10 ribuorang lebih.

Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga ini telah dibangun sejakmasa Iskandar Muda. Beliau telah melakukan pendirianlandasan pembangunan Dayah ini bersamaan dengan peletakan batu pertamapendirian Mesjid Raya yang berlokasi di Desa Mideun Jok kecamatan Samalanga.Sejak masa itulah kemudian Dayah ini dibangun dan dikembangkan secara terusmenerus hingga mampu bertahan dan berkembang seperti sekarang ini. Tentu sajatahap pengasuhan dan perkembangannya selaras dengan perkembangan masa danperkembangan dinamikan sosio pendidikan di sekelilingnya.
Salah satu perkembangan yang harus direspon oleh DayahMUDI Mesjid Raya adalah pengembangan kualitas ulama yang dihasilkan bukan hanyamampu dalam bidang kelilmuan agama saja. Namun bagaimana ilmu yang dimilikinyamampu diaplikasikan dalam masyarakat yag sedang berkembang. Untukmenyahuti perkembangan tersebut, maka dibentuklah jenjang pendidikantinggi yang diberi nama dengan Ma’had ‘Ali. Hal initentunya dengan penyesuaian kurikulum dan penambahan mata pelajaran sesuaidengan kebutuhan.
Kalau melihat kebelakang, bahwa wacana ini bukanlahwacana yang baru lahir sekarang ini. Mengutip dari kata sambuatan yangdisampaikan oleh Abu Hasanoel Basri (MUDI) ketika membuka Workshop Ma’had Ali yangdilaksanakan di dayah MUDI Mesjid Raya, beliau mengatakan bahwa sebenarnyawacana Ma’had Ali sudah sering sekali diwacanakan oleh Allah YarhamAbon Abdul Aziz (Pimpinan sebelum Abu MUDI). Menurut Abu MUDI, hanya sajadengan melihat potensi dan dukungan fasilitas yang ada sekarang ini adalah saatyang tepat untuk menghadirkan Ma’had Ali di DayahMUDI Mesjid Raya. Setelah persiapan yang matang, maka pada tahun 2010 makasecara resmi Ma’had ‘Ali Dayah MUDI Mesjid Raya dengan resmi didirikan.


I.            VISI DAN MISI
VISI :
Mencetak kader ulamayang memiliki ilmu yang kuat, berwawasan luas dan dapat menjawab berbagaipersoalan masyarakat dengan menjaga kemurnian salafiah dan ciri khas dayah.

MISI :
1.      Menyelenggaranpendalaman kajian terhadap berbagai literature dan turats yang muktabar dalamlingkungan ulama mazhab Syafii
2.     Mengembangkankemampuan kader ulama dalam bidang manhaj, metodelogi dan teknologi.
3.     Menumbuhkembangkan tradisi keilmuan kader ulama yang mengikuti perkembangan.

II.         TUJUAN
1.      Menyelenggarakanpendidikan dan pengajaran untuk mempersiapkan ulama yang handal dalam berbagaidisiplin ilmu agama yang memiliki ahklaqul qarimah di tengah masyarakat
2.      Melahirkanulama yang kritis, kreatif dan inovatif sehingga mampu menginterprestasinash-nash Syari'ah dalam kontek kekinian
3.      Mewujudkanulama yang mandiri, kharismatik, wara', zuhud dan mampu menjaga nilali-nillaikemurnian agama
4.      Mengembagkanmanhaj metodelogi berfikir ilmiah untuk pengembagan ilmu yang lebih tajam danteruji

III.       ADMINISTRASIDAN KELEMBAGAAN
Ma’had Ali Dayah MUDI Mesjid Raya Samalangasecara kelembagaan berada di bawah kendali Pimpinan Dayah MUDI itu sendiri.Ma’had Aliadalah unit pendidikan yang merupakan kelanjutan dari pendidikan yang diikutioleh lulusan Dayah MUDI Mesra atau lulusan Dayah lain yang telah memilikiIjazah Madrasah Aliyah. Untuk pengurusan administrasi Ma’had Ali ini, Dayah MUDI Mesra membentukunit kerja sendiri yang diberi nama dengan Ma’had Ali Dayah MUDI Mesjid Raya.




IV.       PESERTADIDIK
Peserta didik ataumahasantri yang mengikuti pendidikan di Ma’had Ali ini adalah lulusan dariDayah MUDI Mesra atau dayah lain yang telah memiliki Ijazah Aliyah. Pesertayang masuk dalam pogram Ma’had Aliharus lulus ujian seleksi masuk yang diselenggarakan oleh lembaga tersebut.




Tags: Dayah aceh, pesantren salafi, dayah manyang,badan dayah, pendidikan aceh, indonesia, make money, online, web search, compose, adsense google

Popular posts from this blog

Contoh Terjemah Akte Kelahiran dalam bahasa arab

Contoh Surat Keterangan Aktif belajar dalam Bahasa Arab

من أخطأ الطريق ضل، ولا ينال المقصود؛ قلّ أو جل